NAMAGRAPH DIGITAL STUDIO

Professional Graphic and Web Design


lihat galeri desain kami :
desain website, brosur, leaflet, sticker, spanduk, sertifikat, kartu nama, kemasan produk, cover buku, undangan, banner, pin, kalender, kartu ucapan, poster, pamflet, name tag, baliho, map, pembatas buku, logo, cover CD, kaos



















agrowisataAgrowisata adalah salah satu bentuk pariwisata yang obyek wisata utamanya adalah lanskap pertanian, maka dapat dikatakan bahwa agrowisata merupakan wisata yang memanfaatkan obyek-obyek pertanian. Agrowisata juga merupakan kegiatan wisata yang terintegrasi dengan keseluruhan sistem pertanian dan pemanfaatan obyek-obyek pertanian sebagai obyek wisata, seperti teknologi pertanian maupun komoditi pertanian (Anonim, 1990).

Menurut Arifin (1992) agrowisata adalah salah satu bentuk kegiatan wisata yang dilakukan di kawasan pertanian yang menyajikan suguhan pemandangan alam kawasan pertanian (farmland view) dan aktivitas di dalamnya seperti persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pengolahan hasil panen sampai dalam bentuk siap dipasarkan dan bahkan wisatawan dapat membeli produk pertanian tersebut sebagai oleh-oleh. Agrowisata tersebut ikut melibatkan wisatawan dalam kegiatan-kegiatan pertanian. Sedangkan menurut Nurisjah (2001), agrotourism, agrowisata, wisata agro atau wisata pertanian merupakan penggabungan antara aktivitas wisata dan aktivitas pertanian.

Ditambahkan oleh Tirtawinata dan Fachruddin (1996) bahwa agrowisata merupakan suatu upaya dalam rangka menciptakan produk wisata baru (diversifikasi). Kegiatan agrowisata juga merupakan kegiatan pengembangan wisata yang berkaitan dengan kegiatan pedesaan  dan pertanian yang mampu meningkatkan nilai tambah kegiatan pertanian dan kesejahteraan pedesaan (Haeruman, 1989 dalam Khairul, 1997)

Menurut Tirtawinata dan Fachruddin (1996), prinsip yang harus dipegang dalam sebuah perencanaan agrowisata, yaitu sebagai berikut:

  1. Perencanaan agrowisata sesuai dengan rencana pengembangan wilayah tempat agrowisata itu berada
  2. Perencanaan dibuat secara lengkap, tetapi sesederhana mungkin
  3. Perencanaan mempertimbangkan tata lingkungan dan kondisi sosial masyarakat sekitar
  4. Perencanaan selaras dengan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, sumber dana dan teknik-teknik yang ada
  5. Perlu dilakukan evaluasi sesuai dengan perkembangan yang ada.
Ada beberapa aspek yang perlu dilaksanakan untuk pengembangan wisata agro menurut Situs Departemen Pertanian (2007) yaitu:
  1. Aspek pengembangan sumberdaya manusia.
  2. Aspek sumberdaya alam.
  3. Aspek promosi, baik melalui media informasi atau dari mulut ke mulut.
  4. Aspek sarana transportasi.
  5. Aspek kelembagaan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat

Create Your ID Card

Create Your Calendar



Arie

Twitter Box

NDS Community